You are currently viewing Propagasi Karang Sebagai Upaya Restorasi Terumbu Karang dilakukan Program Studi Sains Lingkungan Kelautan ITERA di Teluk Kiluan, Kab. Tanggamus.

Propagasi Karang Sebagai Upaya Restorasi Terumbu Karang dilakukan Program Studi Sains Lingkungan Kelautan ITERA di Teluk Kiluan, Kab. Tanggamus.

Pada tanggal 9 – 10 November 2021 lalu, Program Studi Sains Lingkungan Kelautan (PS SLL) ITERA melakukan propagasi karang di Desa Kiluan Negeri Teluk Kiluan. Upaya ini dilakukan sebagai upaya restorasi terumbu karang dan ke depannya diharapkan mampu menjadi daya tarik tambahan (komplementer) bagi wisatawan yang mengunjungi Teluk Kiluan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan kali ini merupakan lanjutan dari PKM sebelumnya pada tahun 2020.

PKM ini bekerjasama dengan mitra yaitu Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) PENGGAWA, di Desa Kiluan Negeri. Adapun tim dosen dibantu oleh 5 orang mahasiswa terlibat dalam kegiatan ini. Pada kegiatan PKM kali ini berhasil mendeploy 6 media web spider dan fragmen karang di perairan sebelah utara Pulau Kelapa di Desa Kiluan Negeri.

Program ini membantu pengembangan wisata di Teluk Kiluan, khususnya untuk segmen dadya tarik snorkeling dan selam (diving). Harapannya kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan dan dilanjutkan di Pekon Kiluan Negeri

Riko Stefanus (Ketua POKARWIS PENGGAWA, Teluk Kiluan)

Harapanya kegiatan ini bisa terus berlanjut agar dapat mendukung program konservasi di Kawasan Konservasi Perairan Daerah (KKPD) Teluk Kiluan dan perairan sekitarnya. Kegiatan PKM ini didanai oleh pendanaan hibah PKM ITERA melalui Lembaga Pengabdian, Penelitian, dan Penjaminan Mutu (LP3) ITERA padad tahun 2021 ini. (AM)

Adib Mustofa, S.Pi., M.App.Sc.

Dosen dan Peneliti Program Studi Sains Lingkungan Kelautan, Institut Teknologi Sumatera