Prodi Sains Lingkungan Kelautan ITERA Jajaki Kerja Sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung

Prodi Sains Lingkungan Kelautan ITERA Jajaki Kerja Sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung

ITERA NEWS. Program Studi Sains Lingkungan Kelautan (SLL) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan penjajakan kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung, dalam bidang kajian akademis serta riset dan inovasi di bidang perikanan dan kelautan. Hal tersebut ditandai dengan junjungan tim dosen Prodi SLL ITERA ke kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung, Selasa, 16 Maret 2021.

Dalam kunjungan tersebut, tim dosen Program Studi Sains Lingkungan Kelautan ITERA yang dipimpin Koordinator Program Studi Sains Lingkungan Kelautan ITERA, Dr. Meezan Ardhanu Asagabaldan dan Sekretaris Prodi Adib Mustofa, M.App.Sc. diterima langsung oleh Plt Kepala Dinas DKP Provinsi Lampung, Sutaryono, A.Pi.

Koordinator Program Studi Sains Lingkungan Kelautan ITERA, Dr. Meezan Ardhanu Asagabaldan, menyebut selain bertujuan untuk mengenalkan leibih jauh tentang Prodi SLL ITERA, kunjungan tersebut juga bertujuan membahas langkah kerja sama pada bidang kelautan dan perikanan antara Program Studi SLL dengan DKP Provinsi Lampung kedepannya.

Dalam pertemuan tersebut dibahas tentang pentingnya sinergitas antara kalangan akademisi dan pihak pemerintah selaku pengambil kebijakan dalam sebuah program.

“Program Studi SLL ITERA siap membantu DKP Provinsi Lampung dalam hal kajian akademik dan inovasi – inovasi penelitian sains serta teknologi kelautan untuk mendukung kebijakan yang ada di DKP Provinsi Lampung dalam memajukan sektor perikanan dan kelautan di Provinsi Lampung,” ujar Dr. Meezan.

“Program Studi SLL ITERA siap membantu DKP Provinsi Lampung dalam hal kajian akademik dan inovasi – inovasi penelitian sains serta teknologi kelautan untuk mendukung kebijakan yang ada di DKP Provinsi Lampung dalam memajukan sektor perikanan dan kelautan di Provinsi Lampung.”

Dr. Meezan, Koordinator Program Studi Sains Lingkungan Kelautan

Hal penting lainnya yang turut dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu tentang kerja sama Prodi SLL ITERA dan DKP Provinsi Lampung dalam penyediaan data dukung kelautan perikanan untuk kegiatan pengelolaan yang berkelanjutan. Prodi SLL ITERA akan bersinergi bersama DKP Provinsi Lampung dalam melakukan kajian-kajian terkait kelautan dan perikanan yang dapat bermafaat bagi masyarakat di Provinsi Lampung yang bergantung kepada sumberdaya kelautan dan perikanan.

Sementara Plt Kepala Dinas DKP Provinsi Lampung, Sutaryono, A.Pi., menyampaikan, peran DKP Provinsi Lampung sebagai pengambil kebijakan sangat membutuhkan dukungan berupa kajian-kajian terbaru dalam ruang lingkup kelautan yang dapat dibantu oleh keberadaan Program Studi SLL di ITERA. (Rilis/Humas)

Budhi Agung Prasetyo

Dosen dan Peneliti Program Studi Sains Lingkungan Kelautan, Institut Teknologi Sumatera. Fokus research: Penginderaan Jauh Kelautan, Bio-Optics, Kualitas Perairan dan Plankton.