Dua dosen Sains Lingkungan Kelautan (SLK) ITERA yaitu Adib Mustofa, S.Pi., M.App.Sc dan Mohammad Ashari Dwiputra, S.Kel., M.Sc., berpartisipasi dalam kegiatan workshop penyusunan instrumen akreditasi program studi (IAPS) 4.0. yang diadakan oleh jurusan Sains ITERA di Whiz Prime hotel pada tanggal 2 November 2019. Kegiatan ini dikuti oleh Gugus Kendali Mutu Jurusan (GKMJ) dan Gugus Kendali Mutu Prodi (GKMP) dibawah jurusan Sains. Adapun kegiatan ini bertujuan dalam rangka menyosialisasikan instrument PS 4.0. yang baru dan menyiapkan seluruh dokumen dan data untuk keperluan akreditasi program studi. Harapannya, semua prodi dibawah jurusan sains mendapatkan hasil terbaik dalam proses akreditasi prodi.

Seluruh peserta workshop berfoto bersama setelah workshop berlangsung

Acara ini dibagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi pertama mengenai penjelasan terkait pentingnya menyiapkan akreditasi PS dan arahan jurusan sains selaku Unit Pengelola Program Studi (UPPS) yang disampaikan oleh Dr. Ikah N.P. Permanasari, S.Si, M.Si (Sekretaris Jurusan Sains ITERA). Sesi selanjutnya dibawakan oleh Muhamad Ragil Setiawan, S.Pd., M.Sc. selaku ketua Sistem Penjaminan Mutu (SPM) ITERA menjelaskan terkait sistem baru penyusunan IAPS 4.0. serta indikator penilaian dalam proses akreditasi PS. Dan pada sesi ketiga, peserta workshop dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok pertama untuk membantu penyusunan IAPS 4.0 untuk program studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK ITERA), dalam hal ini Adib Mustofa, S.Pi., M.App.Sc., ditugaskan Jurusan untuk membantu proses akreditasi PS SAK. Selanjutnya, kelompok kedua (SLK diwakili oleh Mohammad Ashari Dwiputra, S.Kel., M.Sc. selaku GKMP SLK ITERA) untuk menentukan kerangka Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) setiap program studi.

Secara umum, kegiatan ini berjalan dengan sangat baik dan telah memberikan informasi yang sangat penting dalam proses akreditasi PS. Harapannya, hasil akreditasi semua program studi di ITERA dapat maksimal dan semua kegiatan tridharma di ITERA, khususnya PS dibawah Jurusan Sains, sesuai atau bahkan melampaui standar-standar yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sehingga ITERA mampu berkontribusi dalam mencerdaskan anak bangsa. Jaya SLK, Jaya ITERA, Jaya Indonesia (Adib/SLK)

About Author:

Sekretaris Program Studi Sains Lingkungan Kelautan

Dosen dan Peneliti Program Studi Sains Lingkungan Kelautan, Institut Teknologi Sumatera. Fokus penelitian: Ekologi Laut dan Konservasi Pesisir dan Laut